FUNGSI SHOCKBREAKER MOBIL

FUNGSI SHOCKBREAKER MOBIL SANGAT PENTING

Fungsi  shock breaker mobil adalah melakukan tugas untuk menjaga ban tetap di tanah di jalan yang bergelombang, membantu pengemudi kendaraan untuk mengendalikan kemudi kendaraan . Karena selalu digunakan pada saat kita berkendara, maka masa pakainya habis dengan cepat dan kehilangan kemampuan onderdil ini untuk berfungsi dengan baik serta normal.  Ada beberapa akibat  shockbreaker rusak yang harus Anda perhatikan serta menjadi acuan karena shock breaker yang buruk dapat mengubah perjalanan Anda menjadi sangat tidak nyaman dan berbahaya serta berakibat :

Getaran Saat Berkendara

Dalam kabin menjadi bising

Respon Lambat Gas Pedal

Mengalami kendala Saat Pengereman

Shockbreaker yang rusak akan berakibat :

Pemakaian Ban Tidak Merata, tapak ban yang aus tidak rata

Guncangan membantu dalam menjaga ban di jalan, sehingga masuk akal bahwa shockbreaker yang grusak  tidak akan membiarkan tapak ban menempel  secara merata. Ini adalah bahaya besar  karena dapat menyebabkan kecelakaan jika ban tidak berada tepat di jalan.

Getaran Saat Berkendara , Ini masalah shockbreaker lain yang perlu Anda khawatirkan. Jika guncangan baik-baik saja, seharusnya tidak ada getaran yang dirasakan melalui kemudi . Itu bisa terjadi ketika cairan di dalam katup atau segel piston bocor dan menyebabkan reaksi sangat berlebihan dengan setiap benjolan kecil di jalan. Anda harus mengambil tindakan segera karena getarannya bisa sangat cepat pada kecepatan tinggi, yang menyebabkan kehilangan kontrol atas mobil.

Awas Kebisingan , sama seperti getaran, suara yang tidak biasa seperti berderak atau bergoyang bisa menjadi alasan terjadinya shockbreaker yang rusak. Suatu guncangan yang sangat berat bisa menjadikan pengemudi akan  mengemudi di permukaan yang tidak rata terasa seperti mengalami gempa mini di setiap menit. Berkendara dalam keadaan seperti itu akan sangat tidak nyaman. Selain itu, guncangan dan guncangan besar seperti itu akan memberi tekanan pada komponen mobil lainnya, yang menyebabkan mereka juga mengalami cepat rusak sebelum waktunya.

Respon injak pada pedal gas yang lambat dapat menyebabkan kecelakaan fatal, Semakin buruk kondisi shock, semakin banyak waktu yang diperlukan kendaraan Anda untuk merespons rem. Shockbreaker yang gagal akan meningkatkan jarak berhenti hingga 20%. Sebagai contoh, jika mobil Anda digunakan untuk pergi tidak lebih dari dua kaki sebelum benar berhenti, kejutan yang rusak dapat menyebabkan itu menutupi jarak lebih jauh setelah menekan rem. Masalah seperti itu membutuhkan perbaikan segera karena dapat menyebabkan kecelakaan fatal.

Suara bising Saat Pengereman, Ini masalah pengamat kejutan yang parah karena dapat membuat pengemudi kehilangan kendali atas mobil, yang dapat berakibat mematikan dalam kondisi jalanan  basah. Jika cairan di katup atau piston bocor melalui segel, tekanan sekecil apapun pada rem akan menghasilkan gerakan piston yang ekstrim di dalam silinder. Ini dapat menyebabkan meliuk dengan menggeser berat kendaraan ke arah yang berlawanan dari giliran Anda serta mobil anda akan limbung.

Sebagai penutup, bawa mobil ke pusat servis maupun cari toko shockbreaker mobil jika salah satu gejala ini terjadi. Diagnosa untuk shockbreaker yang rusak dan masalah terkait lainnya seperti masalah dengan rotor rem atau kerusakan ban. Lebih baik mengambil tindakan karena ini dapat menyebabkan kecelakaan yang mengancam jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *